Air Kelapa Muda dapat Menurunkan Tekanan Darah

  June 14, 2016     Rizki Oktavianus, S.Farm., Apt.     Informasi Kesehatan

Air Kelapa Muda dapat Menurunkan Tekanan Darah

Hipertensi merupakan faktor risiko utama penyakit kardiovaskuler (PKV), yang merupakan penyebab utama kematian di seluruh dunia. Hipertensi ditandai dengan tekanan darah sistolik (TDS) ≥140 mmHg dan atau diastolik (TDD) ≥90 mmHg atau mendapat obat antihipertensi Sekitar 26% penduduk usia dewasa di dunia pada tahun 2000 mengidap hipertensi, diperkirakan mencapai 60% pada tahun 2025.

Faktor risiko terjadinya hipertensi terdiri dari faktor yang tidak dapat dimodifikasi, seperti usia dan genetik, dan faktor yang dapat dimodifi kasi. Salah satu faktor yang dapatdimodifikasi adalah rendahnya asupan kalium, yang salah satu penyebabnya adalah rendahnya asupan sayur dan buah yang umumnya tinggi kalium. Data Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) 2004 menunjukkan sekitar 60-70% masyarakat Indonesia kurang mengonsumsi sayur dan buah sesuai anjuran 4-5 porsi per hari dan ratarata hanya mengonsumsi 1 porsi per hari. Konsumsi bahan makanan dengan kandungan kalium tinggi dan natrium rendah penting untuk mempertahankan tekanan darah dalam batas normal. Peran kalium dalam menurunkan tekanan darah diperkirakan melalui mekanisme natriuresis di ginjal, endhotelium-dependent vasodilatation, dan juga melalui efek sentral yaitu penurunan aktivitas renin angiotensin aldosteron (RAA) dan peningkatan neuronal Na pump yang menurunkan aktivitas saraf simpatis.

Air kelapa muda merupakan minuman isotonis yang mengandung hampir semua mineral, dengan kandungan terbanyak adalah Perkembangan buah kelapa. Berbeda dengan minuman isotonis yang kandungan Na nya lebih tinggi daripada K, kandungan K yang terdapat dalam air kelapa jauh lebih besar daripada kandungan Na. Air kelapa umur 6-8 bulan mempunyai kandungan kadar K tertinggi dan kadar Na terendah.

Menurut penelitian Bhagya, dkk. pada tikus hipertensi yang diberi diet tinggi fruktosa, kemudian selama 3 minggu diberi air kelapa muda 4 mL/100gBB. Hasilnya memperlihatkan penurunan signifikan tekanan darah sistolik (TDS) dan marker stres oksidatif dibandingkan kontrol. Penelitian lain juga pada tikus dengan perlakuan yang sama, untuk melihat pengaruh pemberian terhadap tekanan darah dan profil lipid. Hasil penelitian memperlihatkan secara bermakna bahwa air kelapa muda menurunkan tekanan darah sistolik (TDS), kadar lipid serum dan jaringan dibandingkan dengan kontrol. Penelitian pre dan post intervensi pemberian air kelapa muda, baik tersendiri maupun kombinasi dengan maubi (minuman khas Karibia dari ekstrak kulit kayu pohon genus Colubrina) sebanyak 300 mL dua kali per hari selama 2 minggu pada 28 subjek hipertensi, hasilnya menunjukkan penurunan bermakna tekanan darah sistolik (TDS) dan tekanan darah diastolik (TDD).

Berbagai penelitian pada hewan coba menunjukkan efek signifi kan menurunkan tekanan darah dengan pemberian air kelapa muda, namun penelitian pada manusia masih sangat terbatas. Diperlukan penelitian uji klinis untuk mengetahui pengaruh air kelapa muda terhadap tekanan darah manusia.

Apabila ada hal-hal lain yang ingin dikonsultasikan dan ditanyakan, dapat menghubungi contact center “Kimia Farma Care” di nomor 1-500-255, dari Senin – Minggu pukul 07.00 – 21.00 WIB (pulsa lokal) atau Facebook/KimiaFarmaCare dan Twitter @kimiafarmacare. Dalam contact center tersebut, Anda dapat memperoleh berbagai informasi yang diperlukan, baik konsultasi obat secara langsung dengan Apoteker, lokasi apotek Kimia Farma terdekat, keluhan pelanggan dan informasi lainnya.

Sumber:
1. Farapti dan Savitri Sayogo, Air Kelapa Muda – Pengaruhnya terhadap Tekanan Darah [Countinuing Profesional Development (CPD) CDK-223/ vol. 41 no. 12, th. 2014
2. Kearney PM, Whelton M, Reynolds K, Muntner P, Whelton PK, He J. Global burden of hypertension: Analysis of world-wide data. Lancet 2005;365:217-23.
3. Kotchen TA. Hypertensive vascular disease. In: Fauci AS, Kasper DL, Longo DL, Braunwald E, Hauser SL, Jameson JL, et al, editors. Harrison’s Principles of Internal Medicine vol II. 17th ed. United States of America: McGraw-Hill; 2008.p.1549-62.
4. Riset Kesehatan Dasar Nasional 2007. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Departemen Kesehatan Republik Indonesia [Internet]. 2007 [cited 2012 Nov 01].

Ilustrasi gambar: khasiatherba.com

Tag-tag:  airkelapahipertensitekanandarah

Bagikan

Berikan Pendapat Anda

comments powered by Disqus

Berlangganan

Dapatkan berita terbaru dari Kimia Farma Apotek di inbox anda.

Klik untuk Berlangganan

Baca Juga