Atasi Masalah Penuaan Kulit dengan Gingseng

  October 4, 2016     Rizki Oktavianus, S.Farm., Apt.     Informasi Kesehatan

Atasi Masalah Penuaan Kulit dengan Gingseng

Penuaan dini kerap terjadi pada seseorang yang memiliki jenis kulit yang kering, sehingga banyak orang yang melakukan beragam cara untuk menghindari penuaan dini supaya kondisi kulit masih terlihat usia 20 – 30 tahun. Menurut literatur kulit manusia mengalami perubahan konstan selama penuaan sebagai akibat dari efek sinergistik faktor intrinsik (penentu genetik) dan ekstrinsik (pengaruh lingkungan). Penyebab faktor intrinsik tentunya tidak bisa dihindari karena merupakan faktor keturunan dan faktor alamiah pada manusia, sedangkan faktor ekstrinsik meliputi sinar matahari, radikal bebas, kelembapan udara yang dapat dihindari.

Saat ini banyak cara yang telah dilakukan orang untuk menghindari penuaan dini dan menggunakan produk-produk kosmetik yang dijual bebas di pasaran. Namun tahukah Anda ternyata gingseng dapat membantu mencegah penuaan dini?.

Baca Juga : Mencegah Penuaan Dini dengan Antioksidan

Gingseng adalah tanaman yang memiliki banyak khasiat. Baru-baru ini penelitian telah dilakukan menilai efek preventif ekstrak gingseng terhadap terjadinya kerutan disekitar mata dengan mengaplikasikan krim ekstrak gingseng pada 23 subjek manusia. . Hasilnya menunjukkan bahwa dibanding plasebo, ekstrak ginseng secara bermakna menurunkan skor photo-damage global. Sebagai tambahan, tingkat kekasaran dan kelembutan kulit membaik secara bermakna dengan penggunaan ekstrak ginseng. Subjek juga berespons bahwa ekstrak ginseng lebih poten dalam melembabkan dan melembutkan kulit dibanding plasebo. Juga tidak efek samping terhadap terapi yang dilaporkan oleh subjek.

Baca Juga : Ini yang Perlu Anda Tahu Sebelum Tanam Benang

Dari hasil studi tersebut disimpulkan bahwa ekstrak ginseng dapat menurunkan pembentukan kerutan di sekitar mata setelah aplikasi 12 minggu, dan juga menurunkan tingkat kekasaran kulit sebagai suatu prekursor pembentukan kerutan, serta memberikan efek melembabkan kulit secara nyata. Dengan demikian, ekstrak ginseng merupakan kandidat yang menjanjikan yang dapat digunakan sebagai komponen produk kosmetik untuk anti-penuaan.

Apabila ada hal-hal lain yang ingin dikonsultasikan dan ditanyakan, dapat menghubungi contact center “Kimia Farma Care” di nomor 1-500-255, dari Senin – Minggu pukul 07.00 – 21.00 WIB (pulsa lokal) atau Facebook/KimiaFarmaCare dan Twitter @kimiafarmacare. Dalam contact center tersebut, Anda dapat memperoleh berbagai informasi yang diperlukan, baik konsultasi obat secara langsung dengan Apoteker, lokasi apotek Kimia Farma terdekat, keluhan pelanggan dan informasi lainnya.

Sumber: http://www.kalbemed.com/News/tabid/229/id/21344/Ekstrak-Ginseng-Bermanfaat-Memperbaiki-Penuaan-Kulit.aspx
Sumber gambar: http://caraalamimemutihkankulit.com/wp-content/uploads/2015/04/obat-mencegah-penuaan-dini1.jpg

Tag-tag:  apotekapotekerkimiafarmakulitpenuaandinigingseng

Bagikan

Berikan Pendapat Anda

comments powered by Disqus

Berlangganan

Dapatkan berita terbaru dari Kimia Farma Apotek di inbox anda.

Klik untuk Berlangganan

Baca Juga