HARI GERAKAN SATU JUTA POHON; BETAPA PENTINGNYA POHON BAGI KEHIDUPAN

  January 10, 2018     Loraetta Brety Sebayang, S.Farm., M.Kes., Apt.     Informasi Kesehatan

HARI GERAKAN SATU JUTA POHON; BETAPA PENTINGNYA POHON BAGI KEHIDUPAN

Setiap tanggal 10 Januari, masyarakat di seluruh dunia merayakan Hari Sejuta Pohon Sedunia. Adapun tujuan dari pelaksanaan Hari Sejuta Pohon ini sangat penting, yaitu untuk memastikan kelestarian pohon demi kelangsungan hidup manusia. Keberadaan pohon sangat penting dalam mendukung keberlangsungan hidup di muka bumi. Pohon yang menyerap karbon dioksida dan menghasilkan oksigen bagi seluruh mahluk hidup tentu perlu dilestarikan. Terlebih dalam kondisi dunia yang kian memanas karena global warming seperti saat ini.[2]

Baca Juga : Aktivitas Menyenangkan Untuk Mengenalkan Anak Menjaga Bumi

Betapa pentingnya pohon bagi kehidupan makhluk hidup. Adapun fungsi tumbuhan bagi kita adalah: [1]

  1. Tumbuhan merupakan sumber makanan

Tumbuhan merupakan satu-satunya makhluk hidup yang dapat memproduksi makanan dengan bantuan sinar matahari. Tumbuhan memproduksi makanan, yang dimakan oleh manusia dan juga hewan. Bahkan daging yang kita makan, itu tersedia, karena hewan mengkonsumsi tumbuhan sebagai sumber energy nya. Contohnya hewan memakan jagung dan tumbuhan lainnya.

  1. Tumbuhan menghasilkan oksigen

Salah satu material yang dihasilkan oleh tumbuhan adalah oksigen. Oksigen sangat dibutuhkan oleh manusia dan juga hewan pada saat bernafas. Bayangkan jika tidak ada oksigen, maka tidak ada kehidupan di dunia ini.

  1. Tumbuhan merupakan rumah bagi hewan

Hampir semua tumbuhan menjadi tempat tinggal bagi ribuan organisme. Hewan-hewan bisa tinggal, di atas, di bawah bahkan di dalam tumbuhan. Tumbuhan menjadi tempat berlindung yang aman bagi hewan. Tumbuhan juga menyediakan tempat bagi hewan untuk mencari makanan. Sebagai tempat tinggal, tumbuhan bahkan dapat mengubah suatu iklim. Pada skala kecil, tanaman memberi keteduhan, mengurangi suhu panas, dan melindungi hewan dari angin. Pada skala yang lebih besar, seperti di hutan hujan tropis, tumbuhan benar-benar mengubah pola curah hujan di wilayah permukaan bumi yang luas.

  1. Tumbuhan membantu membuat dan melestarikan tanah

Di hutan dan padang rumput, akar tumbuhan membantu menahan tanah. Hal ini mengurangi erosi dan membantu melestarikan tanah. Tumbuhan juga membantu membuat tanah. Tanah terdiri dari banyak partikel batuan yang dipecah menjadi potongan yang sangat kecil. Saat tumbuhan mati, sisa-sisa dekomposisi mereka ditambahkan ke tanah. Ini membantu membuat tanah kaya dengan nutrisi.

  1. Tumbuhan menyediakan produk yang bermanfaat bagi manusia

Banyak tumbuhan merupakan sumber penting produk yang digunakan manusia, termasuk makanan, serat (untuk kain), dan obat-obatan. Tanaman juga membantu menyediakan beberapa kebutuhan energi kita. Di beberapa bagian dunia, kayu merupakan bahan bakar utama yang digunakan orang untuk memasak makanan dan memanaskan rumah mereka. Banyak jenis bahan bakar lainnya yang kita gunakan saat ini, seperti batu bara, gas alam, dan bensin, dibuat dari tanaman yang hidup jutaan tahun yang lalu.

  1. Tumbuhan dapat mempercantik lingkungan

Tumbuhan, karena kecantikannya, merupakan unsur penting dari dunia manusia. Ketika kita membangun rumah dan bangunan lainnya, kita tidak pernah berpikir pekerjaan itu dilakukan sampai kita menanam pohon, semak, dan bunga untuk membuat apa yang telah kita bangun jauh lebih baik.

Baca Juga: Air Kelapa Muda Dapat Menurunkan Tekanan Darah

Melihat betapa pentingnya fungsi tumbuhan bagi kehidupan manusia dan juga hewan, maka sepatutnya Kita ikut melestarikan tumbuhan. Dimulai dari hari kecil, dengan menanam pohon di sekitar kita dan merawatnya dengan baik.

Apabila ada hal-hal lain yang ingin dikonsultasikan dan ditanyakan, dapat menghubungi contact center “Kimia Farma Care” di nomor 1500-255, dari Senin – Minggu pukul 07.00 – 21.00 WIB (pulsa lokal) atau Facebook/KimiaFarmaCare dan Twitter @kimiafarmacare. Dalam contact center tersebut, Anda dapat memperoleh berbagai informasi yang diperlukan, baik konsultasi obat secara langsung dengan Apoteker, lokasi apotek Kimia Farma terdekat, keluhan pelanggan dan informasi lainnya.

Sumber:
  1. Mbgnet.net. Plants And Life On Earth. [Accessible via internet at Januari 2018, published on http://www.mbgnet.net/bioplants/earth.html]
  2. WP, Kinanti. (2018). Selamat Hari Sejuta Pohon Sedunia 2018. [Accessible via internet at Januari 2018, published on http://www.wanita.me/culture/events/selamat-hari-sejuta-pohon-sedunia-2018/]
Sumber gambar: https://www.hommeg.com

Tag-tag:  sejutapohontanamantumbuhankimiafarma

Bagikan

Berikan Pendapat Anda

comments powered by Disqus

Berlangganan

Dapatkan berita terbaru dari Kimia Farma Apotek di inbox anda.

Klik untuk Berlangganan

Baca Juga