Makanan yang Membantu Tidur Nyenyak

  October 7, 2016     Izzah Ar Rahmani, S.Farm, Apt     Informasi Kesehatan

Makanan yang Membantu Tidur Nyenyak

Apa yang Anda makan mempengaruhi tidur Anda. Jika Anda bisa memilih makanan yang tepat udapat membantu Anda mendapatkan tidur nyenyak. Dan jika Anda tahu makanan mana yang akan menghambat tidur nyenyak Anda, itu yang harus dihindari. Sekarang adalah kesempatan Anda untuk mengetahui makanan yang tepat untuk makan, dan makanan mana yang harus dihindari agar tidur Anda nyenyak.

  • Makanan Kaya Tryptophan

Kita semua telah mengetahui khasiat susu hangat dapat membantu Anda tidur nyenyak. Makanan susu mengandung tryptophan, yaitu salah satu jenis asam amino esensial yang dapat membuat tidur kita lebih nyaman dan dapat membuat suasana hati menjadi lebih stabil. Makanan lain yang tinggi tryptophan termasuk kacang-kacangan, biji-bijian, pisang, madu, dan telur.

  • Makanan Kaya Karbohidrat

Makanan kaya karbohidrat melengkapi produk susu dengan meningkatkan fase tidur Anda dengan meningkatkan tryptophan dalam darah. Jadi beberapa makanan yang kaya karbohidrat untuk makanan ringan malam hari agar Anda mendapatkan fase tidur yang nyenyak mungkin dengan semangkuk sereal dan susu, yogurt dan crackers, atau roti dan keju.

  • Snack Sebelum Menjelang Waktu Tidur

Jika Anda mengalami insomnia, sedikit makan makanan ringan dapat mengenyangkan perut Anda dan dapat membantu Anda tidur. Tapi jangan mengkonsumsi makanan daging. Hanya konsumsi makanan ringan saja. Makanan berat akan membuat sistem pencernaan Anda membutuhkan waktu untuk mencerna, sehingga membuat Anda tidak nyaman dan tidak bisa tidur nyenyak.

Baca Juga : 8 Cara Mengatasi Tidur Mendengkur

  • Hindari Burger dan Kentang Goreng

Jika Anda membutuhkan alasan lain untuk menghindari makanan tinggi lemak, penelitian menunjukkan bahwa orang yang sering makan makanan tinggi lemak tidak hanya menambah berat badan, mereka juga mengalami gangguan siklus tidur. Makanan berat mengaktifkan pencernaan, yang dapat menyebabkan tertundanya waktu tidur malam untuk pergi ke toilet.

  • Hindari Kafein

Ini tidak mengherankan bahwa secangkir kopi dimalam hari dapat mengganggu tidur Anda. Bahkan kafein moderat dapat menyebabkan gangguan tidur. Tapi jangan lupa tentang sumber kafein lain, seperti cokelat, cola, teh, dan kopi tanpa kafein. Untuk tidur yang lebih baik, hindari semua kafein dari menu Anda, empat sampai enam jam sebelum tidur.

  • Obat Yang Mengandung Kafein

Beberapa over-the-counter (OTC) dan obat resep mengandung kafein, seperti penghilang rasa sakit, pil penurunan berat badan, diuretik, dan obat-obat flu. Obat-obatan ini dan obat lain mengandung kafein sama atau lebih banyak dari secangkir kopi. Periksa label obat non resep atau obat resep untuk melihat apakah obat Anda dapat mengganggu tidur atau dapat menyebabkan insomnia.

Baca Juga : Dampak Obat Tidur Bagi Kesehatan

  • Hindari Minum Alkohol Malam

Ini dapat membantu Anda tertidur lebih cepat, tetapi Anda mungkin sering terbangun, tidur kurang nyenyak, sakit kepala, berkeringat di malam hari dan mimpi buruk. Jika Anda minum alkohol di malam hari, seimbangkan setiap minum alkohol dengan segelas air untuk mencairkan efek alkohol. Untuk tidur yang lebih nyenyak adalah menghindari alkohol empat sampai enam jam sebelum tidur.

  • Waspadalah Terhadap Makanan Pedas

Berbaring dengan perut penuh dapat membuat Anda tidak nyaman, karena sistem pencernaan melambat saat Anda tidur. Hal ini juga dapat menyebabkan mulas, jika memakan makanan pedas. Pastikan untuk tidak mengkosumsi makan berat setidaknya empat jam sebelum tidur.

  • Jauhkan Protein Sebelum Waktu Tidur

Protein, merupakan bagian penting dari menu siang hari kita, namun menjadi pilihan yang buruk untuk cemilan sebelum tidur. Makanan kaya protein, tinggi lemak lebih sulit untuk dicerna. Jadi hindari makanan berlemak dan tinggi protein sebelum tidur dan memilih untuk segelas susu hangat atau karbohidrat agar tidur nyenyak, seperti crackers.

  • Membatasi Cairan Sampai Pukul 08 : 00 Malam

Ya, tetap terhidrasi sepanjang hari sangat bagus untuk tubuh Anda, tetapi membatasi asupan cairan sebelum tidur. Untuk mendapatkan tidur nyenyak, dan tidak terganggu untuk pergi ke toilet.

  • Jangan Terlena Dengan Rokok

Nikotin adalah stimulan, dengan efek yang mirip dengan kafein. Hindari merokok terutama sebelum tidur atau jika Anda bangun di tengah malam.

Apabila ada hal-hal lain yang ingin dikonsultasikan dan ditanyakan, dapat menghubungi contact center “Kimia Farma Care” di nomor 1500-255, dari Senin – Minggu pukul 07.00 – 21.00 WIB (pulsa lokal) atau Facebook/KimiaFarmaCare dan Twitter @kimiafarmacare. Dalam contact center tersebut, Anda dapat memperoleh berbagai informasi yang diperlukan, baik konsultasi obat secara langsung dengan Apoteker, lokasi apotek Kimia Farma terdekat, keluhan pelanggan dan informasi lainnya.

Sumber : WebMD
Sumber gambar : http://www.today.com/

Tag-tag:  apotekapotekerkimiafarmatidur

Bagikan

Berikan Pendapat Anda

comments powered by Disqus

Berlangganan

Dapatkan berita terbaru dari Kimia Farma Apotek di inbox anda.

Klik untuk Berlangganan

Baca Juga