OBAT ALERGI YANG AMAN UNTUK IBU HAMIL

  February 12, 2018     Loraetta Brety Sebayang, S.Farm., M.Kes., Apt.     Informasi Kesehatan

OBAT ALERGI YANG AMAN UNTUK IBU HAMIL

Mengobati gejala alergi pada ibu hamil tidak sesederhana seperti pengobatan pada orang umum. Sebab, bayi yang dikandung oleh ibu hamil juga bisa terkena dampak jika ibu memilih obat secara tidak tepat.

Baca juga: Keamanan Obat Dalam Kehamilan

Alergi adalah reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap sesuatu yang dianggap berbahaya walaupun sebenarnya tidak berbahaya. Ini bisa berupa substansi yang masuk atau bersentuhan dengan tubuh.[1]

Gejala-gejala yang Muncul Saat Alergi[1]

Ada beberapa gejala alergi yang umum terjadi, antara lain:

  • Bersin-bersin.
  • Batuk-batuk
  • Sesak napas.
  • Ruam pada kulit
  • Hidung beringus.
  • Terjadi pembengkakan di bagian tubuh yang berpapasan dengan alergen, misalnya wajah, mulut dan lidah.
  • Gatal dan merah pada mata.
  • Mata merah, berair.
  • Sakit perut, muntah-muntah, atau diare

Untuk mengetahui apakah suatu obat aman untuk ibu hamil, setiap obat memiliki kriteria keamanan, yang biasanya dilambangkan dengan huruf: [2]

  1. Kategori A

Studi yang memadai dan terkontrol dengan baik telah gagal menunjukkan risiko pada janin pada trimester pertama kehamilan (dan tidak ada bukti risiko pada trimester berikutnya).

  1. Kategori B

Studi reproduksi hewan telah gagal menunjukkan risiko pada janin dan tidak ada penelitian yang memadai dan terkontrol dengan baik pada wanita hamil.

  1. Kategori C

Penelitian reproduksi hewan telah menunjukkan efek buruk pada janin dan tidak ada penelitian yang memadai dan terkontrol dengan baik pada manusia, namun manfaat potensial mungkin memerlukan penggunaan obat tersebut pada wanita hamil meskipun memiliki risiko potensial.

  1. Kategori D

Ada bukti positif tentang risiko janin manusia berdasarkan data reaksi yang merugikan dari pengalaman atau penelitian yang diteliti atau dipasarkan pada manusia, namun manfaat potensial mungkin memerlukan penggunaan obat tersebut pada wanita hamil meskipun memiliki risiko potensial.

  1. Kategori X

Studi pada hewan atau manusia telah menunjukkan kelainan janin dan / atau ada bukti positif mengenai risiko janin manusia berdasarkan data reaksi yang merugikan dari pengalaman investigasi atau pemasaran, dan risiko penggunaan obat pada wanita hamil jelas lebih besar daripada manfaat potensial.

Baca Juga : 4 Rekomendasi Pemilihan Obat Yang Tepat Selama Kehamilan

Berikut Beberapa obat alergi yang aman bagi ibu hamil[3]

  1. Cetirizine (Kategori B)
  2. Klorpheniramine (Kategori B)
  3. Loratadine (Kategori B)
  4. Diphenhydramine (Kategori B)

Meskipun tergolong aman, penggunaan obat ini sebaiknya harus dikonsultasikan pula kepada dokter atau apoteker.

Apabila ada hal-hal lain yang ingin dikonsultasikan dan ditanyakan, dapat menghubungi contact center “Kimia Farma Care” di nomor 1500-255, dari Senin – Minggu pukul 07.00 – 21.00 WIB (pulsa lokal) atau Facebook/KimiaFarmaCare dan Twitter @kimiafarmacare. Dalam contact center tersebut, Anda dapat memperoleh berbagai informasi yang diperlukan, baik konsultasi obat secara langsung dengan Apoteker, lokasi apotek Kimia Farma terdekat, keluhan pelanggan dan informasi lainnya.

Sumber:
  1. Alodokter.com. Alergi. [Accessible via internet at February 2018, Published on http://www.alodokter.com/alergi]
  2. Chemical Hazards Emergency Medical Management. FDA Pregnancy Categories. [Accessible via internet at February 2018, Published on https://chemm.nlm.nih.gov/pregnancycategories.htm]
  3. Wolfenden, Elizabeth. (2017). Antihistamines for Pregnancy. [Accessible via internet at February 2018, Published on https://www.livestrong.com/article/87927-antihistamines-pregnancy/]
Sumber gambar: https://confusedparent.in

Tag-tag:  AlergiObatHamilAman

Bagikan

Berikan Pendapat Anda

comments powered by Disqus

Berlangganan

Dapatkan berita terbaru dari Kimia Farma Apotek di inbox anda.

Klik untuk Berlangganan

Baca Juga