Peduli Kemandirian Ekonomi Pesantren, Kimia Farma Wujudkan Kebun Gizi Hidroponik

  December 17, 2018     Reza Marta Fawzy     Berita

Peduli Kemandirian Ekonomi Pesantren, Kimia Farma Wujudkan Kebun Gizi Hidroponik

Depok, (17/12) - Indonesia memiliki lembaga pesantren yang besar dan tersebar di berbagai daerah. Tidak hanya berperan sebagai lembaga pendidikan, pesantren memiliki potensi untuk dimanfaatkan dalam mencapai kemandirian ekonomi.

PT Kimia Farma (Persero) Tbk atau Kimia Farma turut mendukung pengembangan kemandirian ekonomi di kalangan pondok pesantren. Melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) Pemberdayaan Santri, Kimia Farma bersinergi dengan Lembaga Amil Zakat Nasional Baitul Maal Hidayatullah (LAZNAS BMH) mewujudkan Kebun Gizi Hidroponik di Pondok Pesantren Hidayatullah Depok, Jawa Barat. Peresmian dilakukan oleh Direktur Umum dan Human Capital Kimia Farma, Arief Pramuhanto; Direktur Utama Laznas BMH, Marwan Mujahidin; dan Ketua Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Depok, Ustadz Lalu Mabrur.

Menariknya, peresmian Kebun Gizi Hidroponik ini melibatkan puluhan karyawan muda atau millenial Kimia Farma. Mereka pun berkesempatan melakukan kegiatan berkebun bersama para santri. Program yang bertema “Spirit of Millenials for Environment” ini sebagai bentuk tanggung jawab sosial Kimia Farma untuk turut andil dalam meningkatkan sumber daya manusia di bidang entrepreneurship.

Baca juga : Kimia Farma Peduli - Mengalirkan Air Bersih untuk Kesehatan Masyarakat

“Peningkatan kualitas kesehatan masyarakat selalui menjadi fokus kepedulian Kimia Farma. Bentuk dukungan Kimia Farma terhadap kemandirian ekonomi pondok pesantren yang diwujudkan melalui Kebun Gizi Hidroponik pun erat kaitannya dengan aspek kesehatan. Kami berharap sarana ini dapat dioptimalkan untuk ketersediaan sayuran sehat bergizi, bernutrisi, dan bebas dari pestisida bagi para santri maupun masyarakat sekitar,” kata Arief Pramuhanto.

“BMH bersama Kimia Farma menjalankan sinergi dalam program Kebun Gizi Hidroponik yang diselenggarakan di Pesantren Hidayatullah, Depok, Jawa Barat. Program ini diharapkan dapat mendorong kemandirian ekonomi pesantren sekaligus mampu melahirkan santri-santri yang memiliki jiwa dan skill entrepreneuship,” terang Marwan Mujahidin.

Selain sebagai prototipe pengembangan ekonomi pesantren berbasis lingkungan, Kebun Gizi Hidprononik ini diharapkan dapat mendorong upaya revolusi menuju sekolah hijau dan sehat. Daya juang pesantren yang tinggi dinilai berpotensi besar apabila dikombinasikan dengan kewirausahaan dan konsep ekonomi pesantren sebagai bagian dari ibadah.

Sekilas Perseroan

PT Kimia Farma (Persero) Tbk adalah BUMN Farmasi terbesar di Indonesia dengan layanan Healthcare dari hulu ke hilir yang meliputi Pabrik, Manufaktur Bahan Baku Obat, Research & Development, Marketing, Bisnis Internasional, Trading & Distribution, Layanan Apotek, Diagnostik, dan Klinik Kesehatan. Perseroan saat ini memiliki anak perusahaan untuk mendukung bisnis utamanya yaitu PT Kimia Farma Apotek (ritel kesehatan), PT Kimia Farma Trading & Distribution (trading & distribution), PT Sinkona Indonesia Lestari (manufaktur kina dan turunannya), PT Kimia Farma Sungwun Pharmacopia (manufaktur bahan baku obat), dan Kimia Farma Dawaa Co., Ltd (ritel kesehatan & wholesale di Arab saudi). Hingga November 2018, Perseroan telah memiliki 1.138 jaringan Apotek, dengan 530 Klinik Kesehatan, 55 Laboratorium Klinik, 3 Klinik Kecantikan, 10 Optik, 47 cabang Trading & Distribution, dan 34 gerai di Arab Saudi.

Perseroan selalu berkomitmen untuk memberikan pelayanan dan solusi kesehatan yang terbaik bagi masyarakat. Apabila ada hal-hal yang ingin dikonsultasikan dan ditanyakan, bisa menghubungi contact center “Kimia Farma Care” di nomor 1-500-255, dari Senin – Minggu pukul 07.00 – 21.00 WIB (pulsa lokal). Dalam contact center tersebut, masyarakat dapat memperoleh berbagai informasi yang diperlukan, baik konsultasi obat secara langsung dengan Apoteker, lokasi apotek Kimia Farma terdekat dan informasi lainnya.

---oo00000oo---

Corporate Secretary

PT Kimia Farma (Persero) Tbk Jl Veteran No 9

Jakarta 10110

Telp (021) 2347709

Fax (021) 3814441

Email : corsec@kimiafarma.co.id

Website : www.kimiafarma.co.id

Facebook / Twitter / Instagram : @KimiaFarmaCare

Tag-tag:  KebunGiziHidroponikCSR

Bagikan

Berikan Pendapat Anda

comments powered by Disqus

Berlangganan

Dapatkan berita terbaru dari Kimia Farma Apotek di inbox anda.

Klik untuk Berlangganan

Baca Juga