Pengenalan T Bone KaeF, Bukti Inovasi Kimia Farma dan BATAN untuk Terapi Penderita Kanker

  September 18, 2018     Reza Marta Fawzy     Berita

Pengenalan T Bone KaeF, Bukti Inovasi Kimia Farma dan BATAN untuk Terapi Penderita Kanker

Bandung, (15/9) – Penyakit kanker memiliki kecenderungan untuk berkembang dengan cepat dan bermetastase menjadi kanker tulang. Penyakit ini dapat menyebabkan rasa nyeri yang tak tertahankan. Selain itu, pengobatannya membutuhkan waktu jangka panjang.

Salah satu perawatan yang dapat dipilih untuk meningkatkan kualitas hidup adalah terapi paliatif. Terapi ini dapat mengurangi rasa sakit pada penderita dengan menggunakan analgesik narkotik. Namun penggunaan analgesik narkotik dalam kurun waktu lama menimbulkan efek samping pada peningkatan dosis dan kecanduan.

Baca juga : World Lupus Day 2018 Kimia Farma Hadirkan Obat bagi Odapus Bernama Lesikaf

Bermula dari kondisi ini, PT Kimia Farma (Persero) Tbk atau Kimia Farma dan Pusat Teknologi Radioisotop dan Radiofarmaka - Badan Tenaga Nuklir Indonesia (PTRR BATAN) bersinergi untuk memberikan solusi terapi paliatif bagi penderita kanker yang sudah menyebar ke tulang dengan menghadirkan produk T Bone KaeF. Perkenalan T Bone KaeF berlangsung dalam acara Pertemuan Ilmiah Tahunan Perhimpunan Kedokteran Nuklir Indonesia (PIT PKNI) 2018 pada Sabtu, 15 September 2018 di Bandung, Jawa Barat. Produk ini melengkapi produk radiofarmasi sebelumnya yang telah tersedia di pasaran, yaitu Bonescan, Renalscan, Cardioscan dan Endoneuroscan.

Produk T Bone KaeF ini mampu mereduksi rasa sakit tulang berkisar antara 60-80% bagi para penderita kanker sehingga dapat meringankan biaya pengobatan yang berulang. Kimia Farma tak hentinya berinovasi dalam mengembangkan produk obat-obatan yang bermutu tentunya berkolaborasi dengan institusi penelitian untuk mendukung program Indonesia Sehat.

Rangkaian acara PIT PKNI 2018 mengusung tema "Recent Update in Nuclear Medicine : Science, Technology, and its Application for Patient Management". Turut hadir dalam acara ini seluruh dokter Spesialis Kedokteran Nuklir (SP.KN) di Indonesia serta tenaga medis (perawat dan apoteker) yang menangani pengobatan berbasis nuklir di rumah sakit Indonesia.

Baca juga : Kedokteran Nuklir Dinilai Menjanjikan

Sekilas tentang T Bone KaeF

Produk T Bone KaeF mengandung Sm-EDTMP, senyawa komplek antara radioisotop Samarium-153 dengan EDTMP dalam radiofarmasi atau senyawa bertanda. Senyawa ini dapat digunakan untuk terapi paliatif pada penderita kanker yang sudah metastasis ke tulang. Produk ini telah memperoleh izin edar Badan POM RI dengan nomor DKL1612428943A1.

Sekilas tentang Perseroan

PT Kimia Farma (Persero) Tbk adalah BUMN Farmasi terbesar di Indonesia dengan layanan Healthcare Company dari hulu ke hilir yang meliputi Pabrik, Manufaktur Bahan Baku Obat, Research & Development, Marketing, Bisnis Internasional, Trading & Distribution, Layanan Apotek, Diagnostik, dan Klinik Kesehatan. Perseroan saat ini memiliki anak perusahaan untuk mendukung bisnis utamanya yaitu PT Kimia Farma Apotek (retail kesehatan), PT Kimia Farma Trading & Distribution (trading & distribution), PT Sinkona Indonesia Lestari (manufaktur kina dan turunannya), PT Kimia Farma Sungwun Pharmacopia (manufaktur bahan baku obat). Hingga Agustus 2018, Perseroan telah memiliki 1.080 jaringan Apotek, dengan 522 Klinik Kesehatan, 55 Laboratorium Klinik, 10 Optik dan memilki 47 cabang Trading & Distribution.

Perseroan selalu berkomitmen untuk memberikan pelayanan dan solusi kesehatan yang terbaik bagi masyarakat. Apabila ada hal-hal yang ingin dikonsultasikan dan ditanyakan, bisa menghubungi contact center “Kimia Farma Care” di nomor 1-500-255, dari Senin – Minggu pukul 07.00 – 21.00 WIB (pulsa lokal). Dalam contact center tersebut, masyarakat dapat memperoleh berbagai informasi yang diperlukan, baik konsultasi obat secara langsung dengan Apoteker, lokasi apotek Kimia Farma terdekat dan informasi lainnya.

---oo00000---

Corporate Secretary

PT Kimia Farma (Persero) Tbk

Tag-tag:  kimiafarmaobatkankernuklir

Bagikan

Berikan Pendapat Anda

comments powered by Disqus

Berlangganan

Dapatkan berita terbaru dari Kimia Farma Apotek di inbox anda.

Klik untuk Berlangganan

Baca Juga