SNACK SEHAT UNTUK WANITA KARIR

  December 28, 2017     Loraetta Brety Sebayang, S.Farm., M.Kes., Apt.     Informasi Kesehatan

SNACK SEHAT UNTUK WANITA KARIR

Di masa lalu, wanita masih sangat terikat dengan nilai-nilai tradisional yang berada di tengah-tengah masyarakat. Salah satu nilai-nilai tradisional tersebut seperti tidak boleh menuntut ilmu hingga bekerja, cukup melayani keluarga dirumah. Sehingga jika ada wanita yang berkarir untuk mengembangkan keahliannya di luar rumah, maka mereka dianggap telah melanggar tradisi sehingga mereka dikucilkan dari pergaulan masyarakat dan lingkungannya. Dengan demikian mereka kurang mendapat kesempatan untuk mengembangkan diri di tengah-tengah masyarakat.

Baca Juga : Tips Menjaga Kesehatan Untuk Wanita Yang Bekerja di Rumah

Seiring adanya perkembangan zaman, kaum wanita mulai mendapat kesempatan untuk berkembang. Wanita dewasa, khususnya mereka yang tinggal di kota-kota besar cenderung untuk berperan ganda bahkan ada yang multi fungsional karena mereka telah mendapat kesempatan yang besar untuk mengembangkan diri sehingga jabatan dan pekerjaan penting di dalam masyarakat tidak lagi dimonopoli oleh kaum laki-laki.

Peran ganda ini menuntut seorang wanita karir harus tetap sehat namun tetap menjaga penampilan. Oleh karena, tidak sedikit yang akhirnya mengubah kebiasaan makan 3 x sehari menjadi dengan makan snack yang lebih sering. Disadari atau tidak, snack kemasan yang sering dikonsumsi umumnya tinggi lemak, tinggi gula, dengan kandungan nutrisi rendah.

Berikut beberapa cemilan sehat yang lezat di lidah dan cara membuatnya juga cukup mudah. Seperti:[1]

  1. Kacang edamame

Satu cangkir edamame dapat mencukupi 1/3 kebutuhan serat dan protein harian Anda. Jika Anda ingin merasa kenyang lebih lama, makan langsung dari kulitnya. Penelitian menunjukkan, seseorang akan merasa makan lebih banyak jika melihat sisa-sisa dari makanan yang dikonsumsinya.

  1. Pisang dengan selai kacang

Jangan puas hanya dengan mengonsumsi buah pisang. Anda dapat menambahkan satu sendok makan selai kacang di atasnya. Selain asupan karbohidrat, Anda juga sekaligus memperoleh protein yang akan menjaga tingkat energi selama berjam-jam. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi selai kacang pada pagi hari dapat meredam selera makan Anda sepanjang hari.

  1. Telur rebus dan sayur asparagus

Kombinasi antara telur rebus dan sayur asparagus merupakan camilan yang sangat sesuai. Kandungan kaya serat dari asparagus menyeimbangkan protein alami dari telur. Selain itu asparagus juga mengandung asam folat dan vitamin B6 dan vitamin E yang akan membantu membakar lemak dalam tubuh.

  1. Oatmeal dan stroberi

Jangan salah mengartikan konsumsi oatmeal hanya untuk sarapan pagi. Oatmeal yang sesungguhnya baik untuk kesehatan jantung ini dapat dikonsumsi kapan saja. Dengan kandungan serat tinggi, oatmeal akan membantu menjaga kadar gula darah tidak menurun drastis. Tambahan buah beri tidak hanya sekadar memperkaya rasa, namun juga memberi tambahan vitamin C. Stroberi dapat menjadi pilihan sebagai pelengkap oatmeal yang lezat.

  1. Apel dan susu bebas lemak

Mengonsumsi apel sebagai camilan merupakan salah satu pilihan yang baik. Namun lebih baik jika dilengkapi dengan protein agar lebih mengenyangkan, seperti susu bebas lemak. Kandungan protein di dalamnya akan menjaga tingkat energi dan menunda rasa lapar hingga beberapa jam ke depan.

Baca Juga: Makanan Yang Membantu Tidur Nyenyak

Selain kombinasi diatas, Anda juga dapat memilih kombinasi makanan lainnya. Hindari mengkonsumsi makanan gorengan dan makanan cepat saji (junk food), apalagi gorengan yang tidak diketahui secara pasti bahan yang digunakan (pinggir jalan). Selain itu, menjadi gorengan sebagai snack dalam waktu yang lama, juga dapat meningkatkan risiko diabetes, risiko terjadinya stroke hingga kanker. [2]Oleh karena itu, jaga kesehatan melalui snack yang dipilih, sehingga Anda dapat melakukan pekerjaan hingga mengurus keluarga dengan optimal.

Apabila ada hal-hal lain yang ingin dikonsultasikan dan ditanyakan, dapat menghubungi contact center “Kimia Farma Care” di nomor 1500-255, dari Senin – Minggu pukul 07.00 – 21.00 WIB (pulsa lokal) atau Facebook/KimiaFarmaCare dan Twitter @kimiafarmacare. Dalam contact center tersebut, Anda dapat memperoleh berbagai informasi yang diperlukan, baik konsultasi obat secara langsung dengan Apoteker, lokasi apotek Kimia Farma terdekat, keluhan pelanggan dan informasi lainnya.

Sumber:
  1. Alodokter.com. Tetap Langsing Dengan Siasat Camilan Sehat. [Accessible via internet at August 2017, Published on http://www.alodokter.com/tetap-langsing-dengan-siasat-camilan-sehat]
  2. Bruso, Jessica. (2014). Why Frying Food is Unhealthy. [Accessible via internet at August 2017, Published on http://www.livestrong.com/article/440500-why-frying-food-is-unhealthy/]
Sumber gambar: https://www.goredforwomen.org

Tag-tag:  SnackSehatWanitaKarir

Bagikan

Berikan Pendapat Anda

comments powered by Disqus

Berlangganan

Dapatkan berita terbaru dari Kimia Farma Apotek di inbox anda.

Klik untuk Berlangganan

Baca Juga