TIPS MENJAGA KESEHATAN UNTUK WANITA YANG BEKERJA DI RUMAH

  March 8, 2017     Putri Pertiwi Yulianti, S. Farm, Apt     Informasi Kesehatan

TIPS MENJAGA KESEHATAN UNTUK WANITA YANG BEKERJA DI RUMAH

Selamat hari wanita sedunia !

Di era saat ini, istilah emansipasi wanita sudah menjadi hal yang cukup sering didengar. Istilah ini mengacu pada perjuangan para wanita yang meminta haknya disetarakan dengan pria, dalam berbagai hal tentunya. Mulai dari kesempatan mengenyam pendidikan, melakukan pekerjaan dan lain sebagainya. Hal inilah yang mengapa di zaman sekarang sudah bukan hal aneh lagi untuk perempuan ikut bekerja, meskipun telah menikah dengan suami yang tugas utamanya adalah menafkahi keluarga.

Salah satu strategi yang dapat dilakukan oleh wanita untuk bisa bekerja tanpa harus melupakan urusan rumah tangga adalah dengan melakukan pekerjaan di rumah sendiri. Mulai dari mengurus atau membuat online shop, menjadi freelancer yang pekerjaannya dapat dikerjakan di rumah, ataupun membuka toko yang berlokasi di rumah sendiri. Namun bukan berarti dengan bekerja di rumah maka kesehatan akan lebih terkontrol dibandingkan dengan wanita yang bekerja kantoran. Justru bekerja di rumah memiliki tantangan tersendiri untuk tetap bisa menjaga kesehatan.

Baca juga : Multivitamin Mengurangi Risiko Serangan Jantung pada Wanita

Bagaimana cara untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar saat melakukan pekerjaan di rumah? Ini dia beberapa tips nya :

  1. Pisahkan area kerja

Bekerja di rumah tentunya akan tergoda untuk melakukan pekerjaan di atas tempat tidur. Jika terus menerus dilakukan akan memiliki risiko tinggi untuk mengalami berbagai masalah kesehatan karena kurangnya aktivitas. Oleh karena itu sebaiknya pisahkan area kerja dari tempat dimana Anda menghabiskan waktu untuk beristirahat.

  1. Pilih kursi yang nyaman

Jika telah memiliki ruangan atau area terpisah untuk bekerja, pilih kursi yang nyaman dan sesuai dengan meja kerja Anda.

  1. Bangun setiap satu jam dan keluar rumah sekali sehari

Bekerja di rumah akan membuat Anda merasa sangat nyaman hingga tidak terasa sudah duduk berjam-jam ataupun tidak keluar rumah berhari-hari. Oleh karena itu, siapkan alarm/timer untuk mengingatkan Anda agar bangun dari kursi dan meregangkan tubuh setiap satu jam, juga untuk keluar dari rumah sekali dalam sehari. Hal ini akan membantu Anda untuk terhindar dari nyeri punggung dan membuat tubuh lebih fit saat terpapar sinar matahari dan angin segar.

Baca juga : Tips Menghindari Kelelahan Mata saat Bekerja

  1. Buat ikuti jadwal yang telah ditentukan

Dengan bekerja di rumah, akan sangat menggoda untuk bisa bangun lebih lama dan mulai bekerja di jam-jam yang tidak selalu sama. Namun jika Anda mengatur jadwal dan selalu mematuhi layaknya bekerja di kantor, hal ini akan dapat meningkatkan kesehatan mental dan kualitas kerja Anda

  1. Atur jadwal olahraga

Bekerja di rumah tentunya memiliki keuntungan dari segi fleksibilitas waktu. Saat mengatur jadwal kerja, atur juga jadwal olahraga Anda. Olahraga dapat Anda lakukan sebelum memulai kerja, saat makan siang ataupun setelah waktu kerja Anda. Sehingga selain kesehatan dan kebugaran tubuh tetap terjaga dengan berolahraga, Anda juga dapat menjaga kehidupan sosial Anda dengan mengajak teman untuk berolahraga bersama atau sekedar bertemu dengan teman lama Anda

Baca juga : Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Setelah Berolahraga

  1. Bekerja sehat dengan batasan waktu

Layaknya bekerja di kantor, membawa pekerjaan kantor ke rumah tentunya lambat laun dapat mempengaruhi kesehatan Anda baik secara fisik maupun mental. Begitupun dengan bekerja di rumah. Batasi waktu kerja Anda, sekalipun di rumah, agar pekerjaan tidak berlarut-larut Anda kerjakan saat waktunya Anda beristirahat atau berkumpul dengan keluarga. Jika bisa, hindari melakukan pekerjaan di hari Sabtu dan Minggu dan khususkan waktu tersebut untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

  1. Penuhi kulkas dengan snack sehat

Begitu mudahnya menjangkau dapur ataupun kulkas di rumah, tentunya menjadi godaan yang cukup besar untuk para wanita yang bekerja di rumah. Oleh karena itu, hindari membeli makanan ringan yang banyak mengandung gula seperti permen, cokelat ataupun makanan cepat saji, dan mulai memperbanyak stok makanan sehat seperti buah dan sayur di kulkas Anda.

Baca juga : Makanan yang Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

  1. Sebelum mulai bekerja: Mandi !

Beberapa ahli percaya bahwa dengan berpakaian sesuai pekerjaan, dapat meningkatkan kepercayaan diri dalam bekerja. Oleh karena itu, jangan karena hanya bekerja di dalam rumah maka Anda merasa tidak masalah langsung bekerja tepat setelah bangun tidur. Sebaiknya mandi dan berpakaian dengan nyaman sebelum memulai bekerja, dapat meningkatkan mood, membuat lebih segar dan akan memberikan motivasi yang lebih baik untuk Anda dalam melakukan pekerjaan.

  1. Bergabung dengan komunitas tertentu

Terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa manusia yang memiliki sedikit interaksi sosial ternyata memiliki efek negatif untuk kesehatan yang setara dengan merokok 15 batang sehari. Sangat lebih baik untuk Anda yang bekerja di dalam rumah untuk menemukan komunitas atau perkumpulan yang sesuai minat Anda, kemudian menentukan jadwal untuk berkumpul bersama di luar rumah, meskipun hanya sekedar mengobrol ringan dan melepaskan stres

Apabila ada hal-hal lain yang ingin dikonsultasikan dan ditanyakan, dapat menghubungi contact center “Kimia Farma Care” di nomor 1500-255, dari Senin – Minggu pukul 07.00 – 21.00 WIB (pulsa lokal) atau Facebook/KimiaFarmaCare dan Twitter @kimiafarmacare. Dalam contact center tersebut, Anda dapat memperoleh berbagai informasi yang diperlukan, baik konsultasi obat secara langsung dengan Apoteker, lokasi apotek Kimia Farma terdekat, keluhan pelanggan dan informasi lainnya.

Sumber
Sumber gambar : http://www.smartindianwomen,com​

Tag-tag:  kimiafarmawanitakesehatanlifestyle

Bagikan

Berikan Pendapat Anda

comments powered by Disqus

Berlangganan

Dapatkan berita terbaru dari Kimia Farma Apotek di inbox anda.

Klik untuk Berlangganan

Baca Juga