Putri Pertiwi Yulianti, S. Farm, Apt

Apoteker

Putri Pertiwi Yulianti, S. Farm, Apt

Profil Singkat

Putri Pertiwi Yulianti yang akrab dipanggil Putri adalah Apoteker lulusan Universitas Sumatera Utara. Putri bergabung di PT Kimia Farma Apotek setelah lulus dari Management Trainee (MT) Agustus 2016. Saat ini Putri diberi kepercayaan sebagai tim Apoteker Konsultasi Contact Center Kimia Farma Care yang memberikan layanan konsultasi melalui telefarma, sosial media dan surat elektronik.

10 Fakta Mengapa ASI Eksklusif Harus Diberikan untuk Si Kecil

  January 26, 2018     Putri Pertiwi Yulianti, S. Farm, Apt     Entry

Pada tanggal 25 Januari 2018 kemarin diperingati sebagai Hari Gizi Nasional (HGN) yang ke-58, dengan tema besarnya adalah Mewujudkan Kemandirian Keluarga dalam 1000 Hari Pertama Kehidupan untuk Pencegahan Stunting. Stunting merupakan masalah kurang gizi kronis yang ditandai dengan tubuh pendek. Umumnya penderita rentan terhadap penyakit, kecerdasan di bawah normal, serta produktivitas rendah. Hal ini terjadi karena rendahnya asupan gizi sejak janin hingga bayi 2 tahun atau disebut juga dengan gizi buruk. Salah satu pencegahan yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan ASI (Air Susu Ibu) eksklusif pada anak sejak mereka baru lahir.

Hati-hati Bahayanya Keracunan Karbon Monoksida !

  December 20, 2017     Putri Pertiwi Yulianti, S. Farm, Apt     Informasi Kesehatan

Kasus bunuh diri masih kerap terjadi di berbagai belahan dunia. Jika sebelumnya dunia sempat digegerkan dengan kasus bunuh dirinya vokalis salah satu band rock papan atas, di penghujung tahun 2017 ini para penggila K-Pop dikejutkan dengan meninggalnya salah satu member boyband asal negeri Gingseng yang diduga bunuh diri menggunakan racun karbon monoksida. Metode ini memang cukup sering dijadikan pilihan untuk melakukan bunuh diri. Namun selain itu, keracunan karbon monoksida secara tidak sengaja juga sering menelan korban. Yuk bahas lebih lanjut mengenai karbon monoksida ini.

Kendalikan AIDS dengan STOP!

  December 1, 2017     Putri Pertiwi Yulianti, S. Farm, Apt     Informasi Kesehatan

Meskipun sudah ada obatnya, AIDS tetap masih menjadi penyakit yang sangat ditakuti oleh dunia. Oleh karena itu, tidak hanya pencegahan oleh masyarakatnya sendiri, LSM dan pemerintah juga harus ikut andil dalam pencegahan dan penanganan HIV/AIDS ini.

Dengan Obat ARV, Harapan Hidup ODHA Sama seperti yang Bukan Penderita

  December 1, 2017     Putri Pertiwi Yulianti, S. Farm, Apt     Informasi Kesehatan

Setiap tanggal 1 Desember diperingati sebagai Hari AIDS Sedunia / World Aids Day yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya penyakit AIDS dan menyemangati penderita atau yang sering disebut sebagai ODHA (Orang dengan HIV AIDS). Begitupun di tahun 2017 ini, Kimia Farma sebagai perusahaan farmasi BUMN yang juga memproduksi obat ARV (Antiretroviral) di Indonesia, ikut merayakan Hari AIDS Sedunia dengan tema nasional “Saya Berani, Saya Sehat”.

KEDOKTERAN NUKLIR DINILAI MENJANJIKAN

  November 29, 2017     Putri Pertiwi Yulianti, S. Farm, Apt     Berita

Ilmu farmasi semakin hari semakin maju. Saat ini, pengobatan dengan terapi nuklir pun sudah menjadi pilihan. Nuklir memang identik dengan bom atom yang mematikan, namun di sisi lain nuklir dipilih menjadi pengobatan beberapa penyakit, salah satunya adalah kanker.

Kimia Farma Punya Klinik Hemodialisa (Cuci Darah) Pertama di Bandung

  November 26, 2017     Putri Pertiwi Yulianti, S. Farm, Apt     Berita

Hemodialisa atau cuci darah merupakan suatu cara untuk membersihkan darah dari racun, kelebihan garam dan cairan melalui mesin dialisis. Cuci darah dilakukan untuk membantu mempertahankan keseimbangan bahan kimia yang diperlukan tubuh seperti kalium, natrium dan klorida sehingga tetap mempertahankan tekanan darah yang normal[2]. Untuk pasien gagal ginjal, cuci darah sudah menjadi kewajiban rutin yang harus dilakukan untuk mencegah tubuh mengalami keracunan akibat darah kotor yang tidak dapat disaring oleh ginjal seperti fungsi normalnya. Selain biayanya yang cukup mahal dengan frekuensi rutin, rumah sakit ataupun fasilitas kesehatan khusus yang menyediakan layanan cuci darah juga masih sedikit di Indonesia.

Kimia Farma dan BUMN Lainnya Salurkan CSR Sebesar 9,2 M di Bengkulu

  November 23, 2017     Putri Pertiwi Yulianti, S. Farm, Apt     Berita

Sebagai salah satu Perusahaan BUMN, Direktur Utama PT Kimia Farma (Persero) Tbk., Honesti Basyir, ikut bersama rombongan Menteri BUMN, Rini Soemarno, bersama direksi BUMN lainnya ke Bengkulu dalam rangka Rapat Koordinasi BUMN pada tanggal 22 - 23 November 2017. Rombongan diterbangkan ke Bengkulu pada hari Rabu, 23 November 2017 untuk mengikuti serangkaian acara yang dijadwalkan. Kimia Farma tergabung dalam kelompok 10 - Mandalika bersama dengan beberapa direksi BUMN lainnya.

Universal Children's Day - 2017: It's A Kids Take Over

  November 20, 2017     Putri Pertiwi Yulianti, S. Farm, Apt     Informasi Kesehatan

Tanggal 20 November ditetapkan sebagai Universal Children’s Day atau World Children’s Day oleh PBB sejak tahun 1954 dan dirayakan oleh setiap negara untuk mendukung kebersamaan internasional dan kepedulian terhadap anak-anak di seluruh dunia serta untuk memperbaiki kesejahteraan anak.

2017 : It’s a #KidsTakeOver

Untuk merayakan Hari Anak Sedunia ini, UNICEF mengundang anak-anak di seluruh dunia untuk ikut ambil bagian dalam media, politik, bisnis, olahraga dan bidang hiburan untuk menyuarakan dukungan mereka bagi jutaan anak-anak lain yang tak bersekolah, tak terlindungi.

World Antibiotic Awareness Week – Handle Antibiotics with Care

  November 17, 2017     Putri Pertiwi Yulianti, S. Farm, Apt     Informasi Kesehatan

Hari Diabetes Sedunia 2017 Fokus terhadap Wanita

  November 14, 2017     Putri Pertiwi Yulianti, S. Farm, Apt     Informasi Kesehatan

Setiap tanggal 14 November diperingati sebagai Hari Diabetes Sedunia (World Diabetes Day). Pada tahun 2017 ini, International Diabetes Federation menetapkan tema Women and diabetes – our right to a healthy future. Kampanye ini akan mempromosikan mengenai pentingnya akses yang terjangkau dan setara untuk seluruh wanita yang memiliki risiko atau hidup dengan diabetes , terhadap pengobatan dan teknologi penting dalam penanganan pasien diabetes. Juga pentingnya edukasi pengobatan sendiri dan informasi yang mereka butuhkan untuk mendapatkan hasil optimal dalam pengobatan serta memperkuat kapasitas mereka dalam pencegahan diabetes tipe 2.