Putri Pertiwi Yulianti, S. Farm, Apt

Apoteker

Putri Pertiwi Yulianti, S. Farm, Apt

Profil Singkat

Putri Pertiwi Yulianti yang akrab dipanggil Putri adalah Apoteker lulusan Universitas Sumatera Utara. Putri bergabung di PT Kimia Farma Apotek setelah lulus dari Management Trainee (MT) Agustus 2016. Saat ini Putri diberi kepercayaan sebagai tim Apoteker Konsultasi Contact Center Kimia Farma Care yang memberikan layanan konsultasi melalui telefarma, sosial media dan surat elektronik.

KIMIA FARMA APOTEK HADIR DI KOTA NUNUKAN, MENDEKAT KE PERBATASAN MALAYSIA

  September 10, 2018     Putri Pertiwi Yulianti, S. Farm, Apt     Berita

Apotek Kimia Farma kini hadir di kota Nunukan, sebuah Ibu Kota Kabupaten yang berbatasan dengan Negara Malaysia. Grand Opening Apotek Kimia Farma Nunukan dilakukan pada Hari Kamis, 6 September 2018 yang dihadiri oleh Pejabat Pemerintah Daerah, Tokoh Masyarakat, Para Rekanan bisnis, masyarakat sekitarnya dan juga anak yatim piatu dari Yayasan Al Kautsar DDI Nunukan untuk berbagi bahagia.

Valsartan Ditarik BPOM, Ini yang Harus Diketahui

  July 24, 2018     Putri Pertiwi Yulianti, S. Farm, Apt     Informasi Kesehatan

Pada tanggal 12 Juli 2018, Indonesia dikejutkan dengan kabar bahwa BPOM melakukan penarikan obat yang cukup banyak digunakan masyarakat dengan penyakit jantung, hipertensi dan stroke, yaitu Valsartan. Tentunya bagi masyarakat yang rutin menggunakan obat ini, maupun yang mungkin sudah terbiasa membelikan obat ini untuk keluarga mereka yang sakit, menjadi suatu hal yang membingungkan sekaligus menakutkan mendengar berita penarikan valsartan tersebut.

Kimia Farma Apotek Mendukung Pelayanan Pasien PRB berbasis Medication Therapy Management (MTM)

  July 6, 2018     Putri Pertiwi Yulianti, S. Farm, Apt     Berita

Sebagai anak perusahaan BUMN PT Kimia Farma (Persero) Tbk. di bidang retail farmasi yaitu apotek dan klinik, PT Kimia Farma Apotek turut mendukung program-program pemerintah utamanya di bidang kesehatan. Selain Apotek-apotek Kimia Farma yang sudah dapat melayani permintaan obat dari pasien BPJS-Kes, Kimia Farma juga memiliki 500 klinik yang sebagian besarnya telah bekerjasama dengan BPJS-Kes sebagai FKTP (Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama) dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Sedang Sariawan? Ini yang Harus Anda Waspadai

  February 20, 2018     Putri Pertiwi Yulianti, S. Farm, Apt     Informasi Kesehatan

Hampir setiap orang pernah merasakan sariawan. Dalam Bahasa Inggris, sariawan disebut dengan Canker Sore. Istilah Canker diambil dari Bahasa Latin yang artinya sama dengan tumor malignan[2], namun sariawan bukan merupakan jenis kanker. Penyebab utama sariawan masih belum diketahui, umumnya terjadi karena adanya kerusakan pada jaringan di sekitar mulut, lidah dan bibir. Sariawan sebenarnya dapat sembuh dengan sendirinya, namun terkadang rasa nyeri yang diakibatkan menyebabkan banyak orang mencari berbagai cara untuk mengobatinya lebih cepat.

10 Fakta Mengapa ASI Eksklusif Harus Diberikan untuk Si Kecil

  January 26, 2018     Putri Pertiwi Yulianti, S. Farm, Apt     Entry

Pada tanggal 25 Januari 2018 kemarin diperingati sebagai Hari Gizi Nasional (HGN) yang ke-58, dengan tema besarnya adalah Mewujudkan Kemandirian Keluarga dalam 1000 Hari Pertama Kehidupan untuk Pencegahan Stunting. Stunting merupakan masalah kurang gizi kronis yang ditandai dengan tubuh pendek. Umumnya penderita rentan terhadap penyakit, kecerdasan di bawah normal, serta produktivitas rendah. Hal ini terjadi karena rendahnya asupan gizi sejak janin hingga bayi 2 tahun atau disebut juga dengan gizi buruk. Salah satu pencegahan yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan ASI (Air Susu Ibu) eksklusif pada anak sejak mereka baru lahir.

Hati-hati Bahayanya Keracunan Karbon Monoksida !

  December 20, 2017     Putri Pertiwi Yulianti, S. Farm, Apt     Informasi Kesehatan

Kasus bunuh diri masih kerap terjadi di berbagai belahan dunia. Jika sebelumnya dunia sempat digegerkan dengan kasus bunuh dirinya vokalis salah satu band rock papan atas, di penghujung tahun 2017 ini para penggila K-Pop dikejutkan dengan meninggalnya salah satu member boyband asal negeri Gingseng yang diduga bunuh diri menggunakan racun karbon monoksida. Metode ini memang cukup sering dijadikan pilihan untuk melakukan bunuh diri. Namun selain itu, keracunan karbon monoksida secara tidak sengaja juga sering menelan korban. Yuk bahas lebih lanjut mengenai karbon monoksida ini.

Kendalikan AIDS dengan STOP!

  December 1, 2017     Putri Pertiwi Yulianti, S. Farm, Apt     Informasi Kesehatan

Meskipun sudah ada obatnya, AIDS tetap masih menjadi penyakit yang sangat ditakuti oleh dunia. Oleh karena itu, tidak hanya pencegahan oleh masyarakatnya sendiri, LSM dan pemerintah juga harus ikut andil dalam pencegahan dan penanganan HIV/AIDS ini.

Dengan Obat ARV, Harapan Hidup ODHA Sama seperti yang Bukan Penderita

  December 1, 2017     Putri Pertiwi Yulianti, S. Farm, Apt     Informasi Kesehatan

Setiap tanggal 1 Desember diperingati sebagai Hari AIDS Sedunia / World Aids Day yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya penyakit AIDS dan menyemangati penderita atau yang sering disebut sebagai ODHA (Orang dengan HIV AIDS). Begitupun di tahun 2017 ini, Kimia Farma sebagai perusahaan farmasi BUMN yang juga memproduksi obat ARV (Antiretroviral) di Indonesia, ikut merayakan Hari AIDS Sedunia dengan tema nasional “Saya Berani, Saya Sehat”.

KEDOKTERAN NUKLIR DINILAI MENJANJIKAN

  November 29, 2017     Putri Pertiwi Yulianti, S. Farm, Apt     Berita

Ilmu farmasi semakin hari semakin maju. Saat ini, pengobatan dengan terapi nuklir pun sudah menjadi pilihan. Nuklir memang identik dengan bom atom yang mematikan, namun di sisi lain nuklir dipilih menjadi pengobatan beberapa penyakit, salah satunya adalah kanker.

Kimia Farma Punya Klinik Hemodialisa (Cuci Darah) Pertama di Bandung

  November 26, 2017     Putri Pertiwi Yulianti, S. Farm, Apt     Berita

Hemodialisa atau cuci darah merupakan suatu cara untuk membersihkan darah dari racun, kelebihan garam dan cairan melalui mesin dialisis. Cuci darah dilakukan untuk membantu mempertahankan keseimbangan bahan kimia yang diperlukan tubuh seperti kalium, natrium dan klorida sehingga tetap mempertahankan tekanan darah yang normal[2]. Untuk pasien gagal ginjal, cuci darah sudah menjadi kewajiban rutin yang harus dilakukan untuk mencegah tubuh mengalami keracunan akibat darah kotor yang tidak dapat disaring oleh ginjal seperti fungsi normalnya. Selain biayanya yang cukup mahal dengan frekuensi rutin, rumah sakit ataupun fasilitas kesehatan khusus yang menyediakan layanan cuci darah juga masih sedikit di Indonesia.